Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
  • File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
  • Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
  • Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
  • Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.

Panduan Penulis

PEDOMAN PENULISAN JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI PETERNAKAN

Ketentuan Umum: 

  1. Naskah yang dikirim ke jurnal Sains Dan Teknologi Peternakan (JSTP) merupakan hasil penelitian dalam ruang lingkup peternakan dan belum pernah dipublikasikan di jurnal ilmiah lain ataupun tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal ilmiah lainnya. Naskah yang telah pernah dipresentasikan pada seminar, harap mencantumkan nama seminar, lokasi dan waktu pada catatan kaki.
  2. Naskah harus ditulis oleh dua orang penulis atau lebih. Naskah yang ditulis oleh satu orang penulis tidak akan diproses.
  3. Naskah diketik dengan Microsoft Word pada satu sisi kertas A4 (210 mm x 297 mm) dalam bentuk ketikan 1,5 spasi  (Times Roman font 12) sepanjang 12 sampai 15 halaman. Margin kiri 3 cm, margin kanan 2,5 cm, margin atas 3 cm dan margin bawah 2 cm. Setiap halaman diberi nomor. Jumlah halaman antara 10-12 halaman termasuk
  4. Table, Grafik dan Gambar yang diketik pada file terpisah dari teks dan diberi nomor sesuai urutan dalam teks.
  5. Naskah harus mengikuti Permendiknas Nomor 46 Tahun 2009 Tentang Ejaan Yang Disempurnakan.
  6. Ukuran disajikan sesuai unit Standar Internasional (SI).
  7. Naskah dikirimkan ke web site jurnal JSTP:  (http://ejournal.ummy.ac.id/index.php/jstp)
  8. Naskah yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses lebih lanjut dan disampaikan ke penulis pertama melalui email. 

Format Tulisan:

Bahasa.

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris 

Format.

Naskah terdiri dari Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metoda, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila ada) dan Daftar Pustaka.

Heading.

Kata dalam Heading diketik dengan menggunakan huruf kapital (bold) dan diletakkan di tengah meliputi: ABSTRAK, PENDAHULUAN, MATERI DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH dan, DAFTAR PUSTAKA. 

Sub Heading.

Diketik dengan huruf kapital hanya pada awal kata diletakkan di pinggir kiri (bold

Judul.

Judul harus singkat, jelas, spesifik, dan informatif yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Jumlah kata dalam judul tidak lebih dari 20 kata (Times Roman font 14). Ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris (jelas dan informatif). Setiap awal kata pada judul naskah menggunakan hurup kapital kecuali kata: di, ke dari, dan, yang, untuk, terhadap, dalam (kecuali kata tersebut terletak pada posisi awal judul).

Nama Penulis.

Penulis minimal terdiri atas 2 orang atau lebih. Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, disertai nama instansi tempat penulis bekerja,  alamat e-mail hanya untuk correspondence author.

Abstrak.

Ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak terdiri atas maksimal  250 kata, berisi ringkasan dari penelitian mulai dari tujuan penelitian, materi dan metode, hasil dan kesimpulan penting. Referensi tidak disitasi dalam abstrak dan singkatan jika pertama kali digunakan dalam abstrak harus dijabarkan.

Kata Kunci.

Ditulis sebanyak-banyaknya 5 kata kunci, yang disusun menurut abjad, diletakkan dua spasi dari abstrak.

Pendahuluan.

Ditulis secara lengkap dan efisien menggambarkan tentang latar belakang, tujuan,  dan penelitian  terdahulu disertai dengan pustaka yang mendukung.

Metode (untuk sosial ekonomi dan hasil review) atau Materi dan Metode (bukan sosial ekonomi).

Ditulis secara lengkap dan terperinci (bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian serta unit yang dipakai. secara jelas. Menjelaskan materi, prosedur, desain penelitian, dan analisis data yang digunakan. Pakan perlakuan, ternak yang digunakan (bangsa, jenis kelamin, umur, berat badan), data yang diambil disebutkan secara jelas. Informasi yang berkaitan dengan merk atau nama produk komersial harus jelas. Pada bagian ini ditulis dalam bentuk paragraf, bukan dalam bentuk bagan. Metode yang diacu harus dijelaskan beserta sumbernya. Jika ada modifikasi pada metode harus dijelaskan.

Hasil dan Pembahasan.

Hasil dan pembahasan bisa disajikan secara terpisah atau dikombinasikan. Berisikan tantang hasil yang diperoleh berikut pembahasan dengan didukung berbagai kepustakaan berkaitan dengan pembahasan. Data yang telah disajikan dalam tabel atau gambar tidak perlu dituliskan lagi dalam naskah, cukup interprestasi dan pembahasannya.

Kesimpulan.

Kesimpulan ditulis secara ringkas dan jelas  yang menggambarkan substansi hasil penelitian. Kesimpulan tidak lebih dari 100 kata. Kesimpulan boleh disertai rekomendasi.

Ucapan Terima Kasih.

Kalau ada

Tabel.

Tabel diketik 1 spasi dan garis vertikal tidak digunakan. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan tabel adalah (Times Roman font 12). Keterangan penting ditulis sebagai footnote pada bagian bawah table dan seluruh table harus dijelaskan dalam text.

Grafik dan Gambar.

Dibuat pada kertas terpisah dari narasi (di akhir naskah) dan disajikan berurutan sesuai dengan urutan kemunculan. Grafik dibuat dalam 2 dimensi yang paling sederhana, jelas dan tidak berwarna. Gambar berupa foto dikirim dalam bentuk asli dengan resolusi yang baik (TIFF atau JPEG) dengan ukuran maksimum gambar tidak melebihi 10 x 15 cm. Apabila gambar dikutip, sumbernya disebutkan sesuai dengan Daftar Pustaka. Setiap grafik dan gambar diberikan keterangan singkat yang diletakkan di bawah.

Tata Nama.

Kata dalam bahasa latin dicetak miring (italics) misalnya nama yang digunakan untuk tanaman, serangga, mikroorganisme, hewan dan penyakit.

Penulisan angka desimal

Dalam tabel untuk naskah bahasa Indonesia dipakai tanda koma (,), sementara naskah dalam bahasa Inggris dipakai titik (.)

Daftar Pustaka:

  1. Menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka primer (jurnal) minimal 50%.
  2. Pengacuan pustaka menggunakan style Harvard dengan menyertakan reference manager.
  3. Skripsi, buku praktis, panduan praktikum, dan buku diktat tidak dapat dijadikan pustaka acuan.
  4. Semua publikasi yang dikutip dalam teks harus disajikan dalam daftar pustaka sesuai ketentuan Jurnal .
  5. Gaya pengacuan seperti “Badu (2005) dalam Dadap (2007)” dan menggunakan “anonim” tidak dibenarkan. Buku atau artikel yang tidak mencantumkan penulisnya maka yang dicantumkan sebagai penulis adalah lembaganya.
  6. Daftar pustaka disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan.
  7. Ditulis berdasarkan abjad pengarang.
  8. Berikut beberapa acuan cara penulisan

Jurnal

Rosa, A.P., Pesti, G.M., Edwards, Jr. H.M., Bakalli, R.I., 2001. Tryptophan requirements of different broiler genotypes. Poult. Sci. 80: 1718-1722.

Sebastian, S., Touchburn, S.P., Chauez, E.R., Lague, P.C., 1997. Apparent digestibility of protein and amino acids in broiler chickens fed a corn-soybean diet supplemented with microbial phytase. Poult. Sci: 76: 1760-1769.

Sterling, K.G., Pesti, G.M.,  Balkali, R.I., 2003. Performance of broiler chicks fed various levels of dietary Lysine and crude protein. Poult. Sci. 82:1939-1947.

Buku

AOAC, 2000. Official Methods of Analysis. 17th ed.Assos. Off Anal Chem., Arlington, Virginia

NRC,  1994. Nutrient Requirements of Poultry. 9th ed. National Academy of Science, Washington DC.

Artikel dalam Buku

Boorman, J. and Baker, H.K., Responses to amino acids. In: Fischer, C., and Boorman, K.N., (eds) Nutrients Requirement of Poultry and Nutritional Research. Bottherworths, London.

Choi, H. 2000. Traditional Oriental Medicine in Livestock Health. In: T.M. Morris (eds). Alternative and Herbal Health Conference: A Scientific Review of Current Knowledge. University of Connecticut Bishop Center Storrs, Connecticut.

Prosiding Seminar, Konferensi, Simposium dan lain-lain

Liebert, F., Samadi and Suender, A., 2004. Estimation of the potential for protein deposition of extensive genotype of growing chicken in different age periods. In: Proceeding of Society Nutritional Physiology. 13:53

Ramli, R. dan Firdaus.,  2008. Kajian Kualitas Silase Ransum Komplit Berbahan Pakan Lokal dalam Mewujudkan Ketahanan Pakan di Naggroe Aceh Darussalam. Dalam Prosising: Seminar Nasional Hasil Penelitian Antar Universitas Sains dan Teknologi, Banda Aceh.pp:53-58

Skripsi/Tesis/Diserasi

Rimbach, M., 2002. Potential of Protein Deposition on Growing Chickens Depending on Genotype and Sex. Dissertation PhD, Göttingen Universität, Cuvillier, Göttingen, Germany.

Safira, R., 2005. Pengaruh Pemberian ß3-Agonnist Terhadap Penampilan dan Kualitas Daging Domba. Thesis  Master, Universitas Syiah Kuala, Unsyiah Press, Banda Aceh, Indonesia.

Publikasi Elektronik

Asmanan, M, 2005. Cara Beternak Ternak Kambing. Agrima Permata. http://agri.org.csh/jas.2375/usp.com. [ 23Maret 2007]

Terry, J. and Melisa, W.A., 2008. Methoninie in Chickens Feeding. Derosa. http://derosa.org.aus/index.cos.345..2897/usp.com.      [14 november 2020]

 

Penerbitan: Naskah

  1. Dewan Penyunting Ahli  akan memutuskan naskah yang layak terbit atau tidak berdasarkan kriteria penilainya yang telah disepakati
  2. Bagi penulis yang naskahnya diterima, diwajibkan untuk memperbaiki kembali naskah apabila ada perbaikan dari tim reviewer
  3. Segala hak cipta atas naskah yang dimuat adalah milik JSTP

 

Mekanisme Seleksi Naskah

  1. Naskah harus mengikuti format/gaya penulisan yang telah ditetapkan.
  2. Naskah yang tidak sesuai dengan format akan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki (waktu 1 minggu).
  3. Naskah yang sesuai dengan format diteruskan ke Dewan Redaksi untuk ditelaah diterima atau ditolak (waktu 1 minggu).
  4. Naskah yang diterima atau naskah yang formatnya telah diperbaiki selanjutnya disampaikan ke penelaah (Mitra Bestari) tentang kelayakan terbit.
  5. Naskah yang sudah diperiksa (ditelaah oleh Mitra Bestari) dikembalikan ke Dewan Redaksi dengan tiga kemungkinan (ditolak, diterima dengan perbaikan, dan diterima tanpa perbaikan) .
  6. Dewan Redaksi memutuskan naskah diterima atau ditolak, jika terjadi ketidaksesuaian diantara Mitra Bestari.
  7. Keputusan penolakan Dewan Redaksi dikirim ke penulis .
  8. Naskah yang mengalami perbaikan dikirim kembali ke penulis untuk perbaikan.
  9. Naskah yang sudah diperbaiki oleh penulis akan dipersiapkan untuk penerbitan.
  10. Naskah yang telah di layout sebelum terbit dikirim ke penulis untuk mendapatkan persetujuan.

 

Articles

Section default policy

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di website ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk disebarluaskan ke pihak lain.