Peningkatan Penjualan dan Perluasan Jangkauan Pasar melalui Platform Digital UMKM Nagari Salayo Tanang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Sumatera Barat

Authors

  • nidia anggreni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rita Dwi Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Lili Wahyuni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Juita Sukraini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Witra Maison Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.36665/jupemy.v3i2.654

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, UMKM, Penjualan, Pemasaran Digital, Branding

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi pada semester ganjil 2024-2025 bertujuan untuk membantu meningkatkan penjualan dan memperluas pasar UMKM di Nagari Salayo Tanang Bukit Sileh, Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Laporan ini membahas tantangan yang dihadapi oleh UMKM mitra, yaitu kesulitan dalam bahan baku, pemasaran, dan branding produk. Beberapa solusi yang diimplementasikan termasuk peningkatan pengelolaan bahan baku, desain kemasan, dan strategi pemasaran digital. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan kesadaran merek, efisiensi operasional, dan penjualan yang lebih baik. Program ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam melakukan pengabdian langsung di lapangan.

References

Badri, J., Abaharis, H., Alfian, A., Magdalena, M., & Das, N. A. (2023). PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1214–1217. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i12.1066

Chaffey, D. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=esPNB_teMv4C

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson Education.

Mulyana, D. (2015). Komunikasi dalam Pemasaran dan Bisnis. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Y. (2020). Pemasaran Digital untuk UMKM: Teori dan Praktik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Susilowati, S. (2023). Komunikasi Pemasaran Terintegrasi. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?id=NxUFEQAAQBAJ

Yuliawati, A. K., & Aryanti, A. N. (2023). UMKM UNGGUL DENGAN PEMASARAN DIGITAL DAN CO-CREATIONS. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=EW_KEAAAQBAJ

Downloads

Published

2025-02-22

How to Cite

anggreni, nidia, Putri, R. D., Wahyuni, L., Defitri, S. Y., Sukraini, J., & Maison, W. (2025). Peningkatan Penjualan dan Perluasan Jangkauan Pasar melalui Platform Digital UMKM Nagari Salayo Tanang Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok Sumatera Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mahaputra Muhammad Yamin, 3(2), 40–51. https://doi.org/10.36665/jupemy.v3i2.654