PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI GOOGLE ADSENSE DALAM MEMASARKAN PRODUK BUMP (BADAN USAHA MILIK PESANTREN) PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN (IBRU) MESTONG MUARO JAMBI.

Authors

  • noni rahmawati Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Jambi
  • Tomi Kurniawan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama
  • Tamrin Syah Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama
  • Rio Ramadani Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama
  • Suroto Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama

DOI:

https://doi.org/10.36665/jupemy.v3i1.491

Keywords:

Kata Kunci : BUMP, Google Adsense, desain logo, digital.

Abstract

BUMP adalah badan usaha milik pesantren yang memiliki beraneka ragam produk yang di hasilkan seperti : basreg ikan patin, abon ikan patin, pupuk, cabai merah kriting, ikan patin, dan kambing. Setelah kami melakukan peninjauan dan mewawancarain ketua BUMP di ketahuilah bahwa BUMP memasarkan produk nya masih secara tradisional dan dalam wilayah terbatas. Untuk itu kami membuat Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi khususnya bagi dosen ITS NU Jambi dengan memberikan pelatihan kepada anggota BUMP AL – MUTTAQIN (IBRU) dalam memasarkan produknya dengan menggunakan dan memafaatkan teknologi Google Adsense. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan (skill) anggota BUMP menggunakan teknologi Google Adsense, sehingga meningkatkan penjualan dengan memasaran produk lebih luas secara digital. Adapun peserta sebanyak 25 orang dengan kamampuan yang berbeda, kegiatan ini di bagi menjadi 2(dua) sesi dan di lanjuti dengan sesi tanya jawab. Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramah kombinasi, dan memberikan pelatihan secara langsung mendasain logo serta penggunaan teknologi Google Adsense. Setelah terlaksananya kegiatan ini peserta bisa menggunakan teknologi google adsense, mendesain logo yang menarik dan mengetahui cara pemasaran yang baik dan benar sesuai dengan 7P, sehingga peserta menambah kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi.

 

References

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

rahmawati, noni, Kurniawan, T., Syah, T., Ramadani, R., & Suroto, S. (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI GOOGLE ADSENSE DALAM MEMASARKAN PRODUK BUMP (BADAN USAHA MILIK PESANTREN) PONDOK PESANTREN AL – MUTTAQIN (IBRU) MESTONG MUARO JAMBI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Mahaputra Muhammad Yamin, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.36665/jupemy.v3i1.491