Sosialisasi Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris dalam Upaya Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 10 Pianggu
DOI:
https://doi.org/10.36665/jupemy.v3i1.490Keywords:
kurikulum merdeka, vocabulary, teaching English, elementary schoolAbstract
Penerapan Kurikulum Merdeka saat ini membuat pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar kembali bergairah kembali. Hal ini terlihat dimana banyak sekolah dasar yang mulai menerapkan kembali Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang mulai diperkenalkan pada siswa. Hal ini tentunya tidak mudah dikarenakan bahasa Inggris sudah lama tidak menjadi mata Pelajaran pilihan di sekolah dasar dalam kurikulum sebelumnya. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang menyenangkan untuk dipelajari. Kegiatan ini mengangkat tema hewan sebagai kosakata yang diperkenalkan kepada siswa. Kegiatan ini memberikan berbagai dampak positif pada siswa SD Negeri 10 Pianggu kelas 1, 2 dan 3 yang terlibat secara aktif. Siswa terlihat aktif dan antusias selama kegiatan ini berlangsung. Dengan kata lain kegiatan ini memperlihatkan hasil yang baik dimana siswa memahami dan memiliki pengetahuan yang jelas tentang kosakata tentang hewan dalam bahasa Inggris.
References
Alzieni, H. (2021). The Impact of Mobile-Assisted Language Learning (MALL) in Developing the Listening Skill: A Case of Students at Dubai Men’s College, the United Arab Emirates. Arab World English Journal, 2, 84–95. https://doi.org/10.24093/awej/mec2.6
Ardiansyah, L. D. S. (2018). Using Videos in The Teaching of Listening. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8
Bufman, A., Lipka, O., & Katzir, T. (2022). Linguistic and Emotional Effects of Animal-Assisted Literacy Intervention Program Among Elementary School Students with Reading Difficulties. ICERI2022 Proceedings, 4078–4078. https://doi.org/10.21125/iceri.2022.0987
Hartina, S. (2019). Teachers’ Techniques in Teaching English to Young Learners. Indonesian TESOL Journal, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.24256/itj.v1i1.538
Hasanah, D. (2020). The Use of Colloquial Words in Improving Students’ Speaking Through Teacher’s Daily Assessment. Proceedings of the Twelfth Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200406.007
Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6–11. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645
Latupono, F., & Nikijuluw, R. (2022). The Importance of Teaching Listening Strategies in English Language Context. MATAI: International Journal of Language Education, 3(1), 1–14.
Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup ”. Jurnal LITERASI, XIII(1), 41–62.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Miqawati, A. H., & Wijayanti, F. (2017). Optimalisasi Penggunaan Flashcards Melalui MALL ( Mobile Assisted Language Learning ) pada Pengajaran Pronunciation. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 179–183.
Na’imah, N. (2022). Introducing English Vocabulary to Early Childhood Through Singing Method. SALEE: Study of Applied Linguistics and English Education, 4(1), 58–68. https://doi.org/10.35961/salee.v4i1.565
Saehu, A., Sariyati, I., & Syah, M. (2017). Total Physical Response Method for Mastering English Vocabulary. 2nd International Conference on Sociology Education, 73–76. https://doi.org/10.5220/0007093100730076
Wanti, L., & Chastanti, I. (2023). Analysis of preparation in the independent curriculum implementation: Case study on IPAS learning. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(2), 250–258. https://doi.org/10.20527/bino.v5i2.15493
Wisnuwardana, I. (2019). Students’ Attitudes towards the Use of Smartphone for Language Learning Purposes. Jet Adi Buana, 4(2), 178–191. https://doi.org/10.36456/jet.v4.n2.2019.2080