Perbandingan Utang Terhadap Pertumbuhan Penjualan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Seflidiana Roza Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Khamisah El Anasiah

Keywords:

Pertumbuhan Penjualan, Hutang, Laporan Keuangan, Industri Kosmetik Dan Peralatan Rumah Tangga

Abstract

Hutang merupakan salah satu keputusan pendanaan yang berasal dari eksternal. hutang ini dilakukan untuk menambah dana perusahaan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hutang terhadap Pertumbuhan Penjualan Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, Hutang adalah kewajiban keuangan yang harus dibayar oleh perusahaan kepada pihak lain serta digunakan oleh perusahaan untuk membiayai berbagai macam kebutuhan yang diperlukan perusahaan, misalanya untuk membeli aktiva, bahan baku. Oleh sebab itu
Penelitian ini dilakukan di bursa efek indonesia (BEI). Jenis data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah industri kosmetik dan peralatan rumah tangga yang terdaftar di bursa efek indonesia yang berjumlah 8 (delapan) perusahaan.teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah 7 (tujuh) perusahaan kosmetik dan peralatn rumah tangga. Metode yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh Y= 11,195 + 1,522 X yang artinya Hutang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Pertumbuhan Penjualan pada perusahaan kosmetik dan peralatan rumah tangga yang diteliti. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji t dengan Nilai t hitung adalah sebesar 0,433 < t tabel 1,692 dan
nilai signifikan 0,667 > α 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa ditolak.

References

Rismadewi, R., & Roza, S. D. (2020). PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN JASA DI BURSA EFEK INDONESIA SUB SEKTOR PERUSAHAAN INVESTASI. Jurnal PROFITA: Akuntansi dan Bisnis, 1(1), 1-11.

Rizky, M., & Roza, S. D. (2019). PENGARUH CASH FLOW DAN DEBT RATIO TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Ekonomi, 22(2), 145-154.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Roza, S., & Khamisah El Anasiah. (2023). Perbandingan Utang Terhadap Pertumbuhan Penjualan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia . Jurnal ADVANCED, 15(2), 1–6. Retrieved from http://ojs.ummy.ac.id/index.php/advanced/article/view/204